Papua|Harian88 – Menanamkan moral pada anak sejak usia dini sangat diperlukan. Mengembangkan sikap dan perilaku yang didasari oleh nilai-nilai Pancasila agar anak mempunyai akhlak mulia serta moral sesuai harapan bangsa.

Demikian pesan yang disampaikan Koordinator Ekspedisi NKRI Koridor Papua Bagian Selatan Kolonel Inf Dwi Anggono kepada Tim Pengabdian Masyarakat Subkorwil-4/Mindiptana ketika melaksanakan program mengajar di SD Inpres 1 Mindiptana, Rabu (14/9).

Anak anak membutuhkan bimbingan dari orang lain, terutama orangtua untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila. Kegiatan belajar dilakukan Tim Pengabdian Masyarakat Subkorwil-4/Mindiptana melalui lagu lagu Nasional serta permainan yang menyenangkan bagi anak sehingga penanaman nilai nilai Pancasila tertanam lebih mendalam dalam jiwanya.

Kegiatan mengajar di sekolah menjadi program Ekspedisi NKRI dengan memberikan materi Pancasila, bela negara dan wawasan kebangsaan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menanamkan nilai nilai Pancasila dan semangat jiwa nasionalisme kepada generasi muda sejak dini.

Komandan Subkorwil-4/Mindiptana Mayor Inf Agung Wahyu Perkasa menyampaikan, “Pancasila adalah Pemersatu seluruh agama, keyakinan, etnis, dan seluruh komponen bangsa, karenanya tugas kita bersama untuk melestarikannya,” tegasnya.

Penduduk Indonesia beragam baik suku, agama, ras, maupun antar-golongan, yang memiliki budaya dan tradisi berbeda.Keragaman dan perbedaan tersebut, harus melengkapi dan menguatkan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Ekspedisi NKRI merupakan wujud sinergitas kementerian/lembaga, TNI/Polri, pemerintah daerah, kalangan pendidik dari perguruan tinggi, mahasiswa, para pencinta alam, organisasi kepemudaan, pramuka dan didukung masyarakat setempat yang dikoordinasikan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan untuk membangun Indonesia.

Print Friendly, PDF & Email